Rabu, 10 November 2010

penyesuain diri

Penyesuain diri sangat penting bagi kelansungan hidup kita sebagai makluk sosial. Penyesuan diri itu di gunakan untuk melangsungkan hidup, agar kita bisa menerima dan di terima lingkungan kita harus menyesuaikan diri. Untuk itu kita harus bisa menyesuaikan diri. ini hanya segelumit tentang penyesuain diri dan anda bisa membacanya di literlatur yang lain
Penyesuain diri adalah proses alamiah yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku agar bisa lebih berhubungan dengan lingkungan. Baik selanjutnya kita bedah sama2, penyesuain diri itu adalah proses yang alamiah, kita tidak sadar kalau kita sedang menyesuaikan diri kita pada lingkungan, sehingga banyak sekali perubahan tingkah laku yang berubah berlahan lahan, itu semua agar kita bisa masuk dalam lingkungan yang kita tempati.

Banyak masalah yang meliputi ini di antaranya apabila kita tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan seperti kita tinggal di kawasan copet? apakah kita harus berusaha jadi copet,,,? itu sangat tidak bisa di benarkan, di dalam manusia ada yang namanya otak yang bisa berfikir mana yang baik dan mana yang buruk jadi kita tetap menggunakan akal kita untuk menentukan langkah, jika memang lingkungan itu tidak mau menerima kita maka kita harus siap menerima konsekwensinya yaitu merasa asing di lingkungn kita.
Ada pula yang pada dasarnya kita itu hidam "bejat" dan mendapatkan lingkungan yang baik tetap kita berusaha menyesuaikan diri kita dengan lingkungan dan berusaha agar bisa di terimanya karena pada dasarnya manusia itu bebas memilih jalannya sendiri oleh karena itu perubahan itu perlu agar hidup kita berwarna.
Karakteristik penyesuain diri itu sendiri ada 2 jenis yaitu:
1. Penysuain diri positif
• Tidak menunjukkan adanya frustasi.
• Memiliki pertimbangan yang rasional dalam menyesuaikan diri
• Mampu belajar dari penglaman
2. Penesuain diri negative
• Reaksi bertahan dimana individu menunjukkan seolah-olah dia tidak mengalami kegagalan
• Reaksi meyerang, dimana individu menunjukakan sikap yng sikapnya melawan dan menutupi kekurangannya
• Reaksi melarika diri, ini yang sering kita lakukan, apabila kita dapat masalah yang memberatkan kita pasti pilih melarikan diri, padahal di balik semua itu ada hikmanya yang beesar, dan kita terus berlari menghindar, emang tidak capek. Ya berusahalah sebisa mu agar kita bisa bangga apa yang kita bisa.
Sekian dari saya apabila ada pertanyaan silakan bertanya,,,,
Bila minta contoh,,, biar ceritaku yang menjawabnya

By: cozma F

Tidak ada komentar:

Posting Komentar